4 Makanan Khas Indonesia yang sudah Mendunia

Di antara tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, masakan Indonesia memiliki cita rasa yang kuat. Keberagaman budaya dan tradisi Nusantara, yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau yang dihuni, diwakili oleh kekayaan masakannya, dan memainkan peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara keseluruhan. Rempah-rempah yang beragam, seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan gula aren, adalah bahan utama hampir semua masakan Indonesia.

Selanjutnya, teknik memasak berdasarkan bahan dan tradisi atau adat digunakan, dan pengaruh perdagangan dari India, China, Timur Tengah, dan Eropa (khususnya Belanda, Portugis, dan Spanyol) juga terlibat. Gambar masakannya pun membuat ludah, dan ragam masakannya begitu banyak. Berikut ini adalah 4 makanan Khas Indonesia yang sudah mendunia dirangkum oleh Catering Sidoarjo, Catering Wedding Surabaya

1. Rendang

Randang, juga disebut randang, adalah masakan daging yang memiliki rasa pedas yang dibuat dengan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Proses memasaknya dipanaskan berulang kali dengan santan kelapa.

Membutuhkan waktu berjam-jam, biasanya empat jam, untuk memasaknya hingga kering dan berwarna hitam pekat.

Rendang dapat bertahan berminggu-minggu dalam suhu ruangan. Kalio adalah rendang yang dimasak lebih cepat, santannya belum mengering, dan berwarna coklat terang keemasan.

Rumah Makan Padang menawarkan rentang di seluruh dunia. Orang Indonesia dan orang-orang di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand menyukai masakan ini. Rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan acara spesial di wilayah asalnya, Minangkabau.

Meskipun rendang umumnya merupakan masakan Minangkabau, masing-masing daerah menggunakan bumbu dan cara memasaknya yang berbeda.

Dalam daftar 50 Hidangan Terlezat Dunia, yang disusun oleh CNN International pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama. Itu sangat bagus!

2. Rawon

Rawon adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kuah hitam dengan potongan daging sapi atau kambing dan sedikit sayuran.

Kluwek, bahan campuran yang sudah diolah terlebih dahulu, adalah sumber kuah hitam rawon. Makanan khas Jawa Timur adalah rawon.

Sekarang Anda tidak perlu pergi ke Jawa Timur untuk menikmati menu Rawon! Bahkan di mancanegara, Anda dapat bertemu dan menikmatinya di mana saja.

3. Nasi Pecel

Nasi pecel adalah hidangan khas dari Jawa yang terdiri dari nasi dan pecel. Kangkung, kacang panjang, daun singkong, dan daun pepaya biasanya digunakan sebagai sayuran. Di Jawa Timur, kembang turi sering ditambahkan. Dengan tempe goreng dan peyek, cracker tradisional, rasanya lebih enak.

4. Soto

Soto Lamongan, yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur, berbeda dari soto lain di seluruh Indonesia.

Serbuk krupuk udang, atau poya, adalah salah satu ciri khas Soto Lamongan. Jika dicampur dengan kuah, rasa gurih yang khas akan muncul. Selain memiliki rasa yang nikmat, aroma Soto Lamongan ini menggugah selera.