6 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapat Jika Melakukan Investasi Reksadana Terbaik

Saat ini instrumen investasi semakin beragam dan sudah banyak yang mulai melirik investasi. Pemilihan investasi dapat berdasarkan kebutuhan seperti investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Cukup banyak jenis instrumen investasi yang dapat dipilih dan sebaiknya sebelum menentukan pilihannya memahami terlebih dahulu.

Salah satu instrumen investasi yang saat ini telah banyak diminati adalah reksadana. Apabila memiliki modal yang lumayan sebaiknya segera diinvestasikan dan reksadana ini dapat menjadi pilihan. Keuntungan yang diperoleh dari berinvestasi di reksadana ini cukup besar apalagi jika mengetahui seluk beluk reksadana terbaik dengan tepat termasuk pemilihan jenis reksadana terbaik.

Investasi reksadana terbaik merupakan suatu jenis investasi dari beberapa investor yang mengumpulkan dananya untuk diolah oleh jasa manajer investasi di pasar modal. Resiko investasi di reksadana ini pasti ada tetapi lebih aman karena dikelola dengan baik oleh manajer investasi. Ada 4 jenis reksadana terbaik yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

Keuntungan Berinvestasi di Reksadana Terbaik

Sebagai salah satu jenis investasi pasti reksadana memiliki keuntungan yang mungkin tidak dimiliki oleh jenis investasi lainnya. Berinvestasi harus memperoleh keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini keuntungan dari berinvestasi reksadana terbaik yang harus diketahui sebelum memilih jenis instrumen investasi ini.

1. Mudah Dipahami

Jenis investasi ini mudah dipahami bahkan oleh yang masih awam tentang investasi maupun pengetahuan pasar modal sekalipun. Setelah memutuskan jenis investasi reksadana terbaik yang dipilih dan telah memilih unit penyertaan maka setiap bulan akan dikirimkan laporan tentang perkembangan investasi. Laporan perkembangan ini dilakukan oleh manajer investasi agar investor dapat mengetahui keuntungannya secara transparan.

2. Tidak Membutuhkan Dana Besar

Dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi di reksadana terbaik tidak perlu banyak. Melalui dana yang minim apabila dikelola pada saham unggulan maka akan memperoleh keuntungan besar. Namun apabila dana yang lebih sebaiknya diinvestasikan agar keuntungan yang diperoleh juga besar karena keuntungan dibagi bedasarkan unit penyertaannya.

3. Resiko Investasi yang Rendah

Investasi reksadana memiliki resiko yang relatif rendah. Pengelolaan dana pada instrumen reksadana dibagi dalam beberapa jenis produk. Inilah yang menyebabkan resiko dari reksadana rendah karena jika ada salah satu produk mengalami kerugian maka produk lainnya dapat memperoleh keuntungan. Tidak perlu khawatir karena manajer investasi akan mengelola dana reksadana dengan baik.

4. Pengelolaan Profesional

Manajer investasi merupakan orang-orang yang profesional dalam pengelolaan dana termasuk tentang pasar modal. Dana investasi akan dikelola sedemikian rupa agar tetap memperoleh keuntungan. Desain portofolio, strategi investasi dan langkah investasi akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi.

5. Aman dan Terpercaya

Berinvestasi harus memilih instrumen yang aman dan dikelola dengan baik oleh yang terpercaya serta ahli dalam mengelola investasi. Umumnya instrumen investasi ini dikelola pada lembaga yang legal dan terdaftar di OJK. Namun sebaiknya tetap berhati-hati dalam pemilihan manajer investasi agar memilih yang benar-benar profesional dan terpercaya.

6. Posisi Return Tinggi

Keuntungan dari berinvestasi reksadana terbaik ini dapat diperoleh dalam jangka panjang. Apabila memungkinkan dan memiliki dana yang besar dapat dimasukkan ke investasi reksadana terbaik agar memperoleh keuntungan besar. Return atau keuntungan yang tinggi dari modal dana besar akan dikelola dengan baik oleh manajer investasi.

Berinvestasi dapat dilakukan sejak dini dan harus segera dipilih jenis investasi yang tepat. Jenis investasi reksadana terbaik dapat menjadi pilihan yang akan memberikan banyak keuntungan sebagai pemilik dana. Investasi yang tepat menjadi perencanaan bagi masa depan.

 

Alternatif Platform Investasi Selain Reksadana

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi di reksadana namun meraka returnya tidak terlalu tinggi, Anda dapat memilih platform alternatif yakni peer to peer lending Amartha.

Amartha adalah salah satu perusahaan fintech atau teknologi finansial P2P di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan situs web yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro dan kecil di pedesaan. Lewat perusahaan ini, pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

Amartha menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.