Beginilah Cara Untuk Mencegah Penyakit Diare Pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Diare adalah jenis penyakit yang sangat sering menyerang manusia, bisa terjadi pada siapa baik itu orang dewasa maupun anak-anak. penyakit yang satu ini pada dasarnya memang cukup umum terjadi, karena berhubungan dengan gangguan pencernaan, jika seandainya Kamu mengkonsumsi makanan sembarangan, maupun tidak memperhatikan kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Maka besar kemungkinan nantinya akan menjadi penyebab diare. Namun memang pada dasarnya kalangan anak-anaklah yang lebih rentan terserang diare dibandingkan dengan orang dewasa, mengingat kondisi kekebalan tubuh mereka yang masih lemah.

Jika patut untuk diketahui bahwa ketika buah hati sudah terserang diare, sebenarnya dampaknya juga bisa jadi lebih serius jika dibandingkan dengan orang dewasa. Karena memang pada dasarnya ia bisa memicu kondisi kesehatan yang lebih serius lagi.

Hal yang cukup membahayakan ketika anak-anak mengalami diare adalah mereka yang enggan banyak minum, jadi lebih mudah terkena dehidrasi. Hal lainnya yang lebih berbahaya karena memang bisa menyebabkan dampak serius seperti komplikasi-komplikasi yang menyertainya.

Jadi para orang tua harus aktif dalam pencegahan sehingga nantinya si kecil tidak sampai terserang penyakit tersebut. berikut ini diantaranya cara mencegah penyakit diare pada anak-anak, yaitu:

  1. Pastikan buah hati hanya mengkonsumsi air yang matang saja, jangan sembarangan memberikan air minum kepada buah hati, khususnya adalah air minum isi ulang yang memang tidak terjamin kebersihannya. Karena dari air yang kurang bersih inilah bisa jadi faktor penyebab diare. Untuk itu lebih aman berikan mereka air yang sudah direbus saja.
  2. Memberikan makanan yang bergizi dan higienis, makanan yang dikonsumsi juga memiliki peran besar terhadap munculnya diare. Sehingga orang tua harus memastikan bahwa makanan yang diberikan kepada buah hati mereka tersebut selalu dalam kondisi bergizi, dimasak hingga matang dan juga higienis. Memberikan makanan mentah atau tidak diolah dengan benar hanya akan meningkatkan resiko terkena diare.
  3. Ajarkan mereka untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, tangan adalah perantara pertama munculnya berbagai jenis penyakit, termasuk diantaranya adalah diare. Karena meskipun tampak bersih, Kamu tidak dapat menjamin keberadaan kuman maupun bakteri-bakteri lain yang sebenarnya ada di tangan. Jadi ajari mereka untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah melakukan sesuatu.
  4. Berikan ASI pada buah hati dengan usia dibawah 2 tahun, hal ini akan sangat berguna bagi mereka untuk bantu tingkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun, sehingga nantinya tak akan mudah terserang penyakit.
  5. Lakukan vaksinasi pada buah hati, khususnya adalah vaksin rotavirus, ini adalah jenis virus yang mudah menyerang dan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan.
  6. Menjaga kebersihan lingkungan, lingkungan tempat tinggal Kamu hendaknya juga harus diperhatikan kebersihannya, karena pada lingkungan yang kotor maka beragam jenis bakteri dan kuman bersarang di sana bisa menyebabkan beragam jenis penyakit.
  7. Ajarkan mereka untuk tidak jajan sembarangan, anak-anak memang paling suka jajan sembarangan, apalagi melihat aneka makanan yang dijual di pinggiran jalan. Padahal untuk kebersihannya sendiri juga belum terjamin. Jadi sejak dini ajarkan mereka untuk tidak jajan sembarangan demi kebaikan sendiri.

Sangat mudah bukan cara untuk mencegah penyakit diare pada anak, diare ini sendiri adalah gangguan pencernaan yang membuat penderitanya mengalami kondisi yaitu buang air besar berkali-kali, ditambah dengan perubahan feses yang menjadi lebih cair. Sehingga harus diwaspadai jika sudah merasakan gejalanya.