Poin-Poin Yang Wajib Dihindari Agar Klaim Asuransi Kendaraan Tidak Ditolak

Beberapa orang menganggap bahwa klaim asuransi kendaraan adalah hal yang sulit karena sering mengalami penolakan. Padahal mungkin saja Anda belum melengkapi persyaratan dalam mengurus klaim asuransi sehingga ditolak. Atau bisa juga mobil yang ada klaim memiliki kondisi di mana memang mobil tersebut tidak bisa ditanggung asuransinya.

Ketika memiliki asuransi kendaraan, anda sebagai pemegang polis tentu harus benar-benar memahami isi dari polis asuransi. Setidaknya anda tahu pertanggungan apa saja yang ada pada polis tersebut. Berikut beberapa Point yang wajib Anda hindari agar klaim asuransi mobil tidak ditolak.

1. Kehilangan Mobil Akibat Hipnotis Atau Penipuan

Klaim asuransi mobil Anda pasti akan ditolak jika mobil alami kehilangan akibat hipnotis atau penipuan. Karena perusahaan asuransi menganggap ini adalah sebuah kelalaian dari pemilik mobil sehingga terjadi hilangnya mobil. Anda mungkin menganggap bahwa akan bisa melakukan klaim asuransi untuk mendapatkan ganti rugi. Namun balik lagi sebaiknya baca lebih teliti isi dari polis asuransi dan klausul polis. Ini membantu anda untuk tidak mengalami ekspektasi pertanggungan.

2. Kerusakan Mobil Akibat Pengendara Tidak Punya SIM

Selanjutnya perlu juga diketahui bahwa asuransi mobil akan ditolak jika pengemudi tidak punya SIM. Pengemudi kendaraan yang tidak punya SIM tentu lebih beresiko ketika mengendarai mobilnya di jalanan. Pengendara yang tidak punya SIM juga tidak layak mendapatkan proteksi asuransi.

Banyak orang tidak mencermati hal ini saat klaim asuransi sehingga kliennya ditolak. Saat Anda punya SIM mobil tapi masa berlakunya sudah habis, penolakan klaim asuransi juga bisa terjadi.

3. Kerusakan Mobil Disengaja

Saat mobil mengalami kerusakan namun didalamnya ada unsur kesengajaan maka klaim sangat susah bahkan selalu ditolak oleh perusahaan asuransi. Beberapa jenis unsur kesengajaan saat klaim asuransi mobil digunakan untuk mendorong atau menarik benda.

Mobil yang terkena cairan kimia sehingga bodynya rusak maka anda tidak akan mendapatkan proteksi dari kerusakan bodi mobil tersebut. Karena tentu saja proteksi mobil hanya pada kerusakan berat maupun ringan akibat kecelakaan, kejatuhan benda ataupun perbuatan jahat.

4. Terlambat Lapor Klaim Asuransi

Bagi Anda yang memang membutuhkan klaim untuk asuransi kendaraan, maka sebaiknya ajukan klaim maksimal 5 hari setelah peristiwa kecelakaan. Pelaporan tersebut harusnya disertai dengan bukti yang kuat yaitu seperti bukti dokumentasi kendaraan ketika mengalami kecelakaan.

Bagi Anda yang memilih untuk membeli asuransi mobil komprehensif, maka kecelakaan mobil yang mengakibatkan kerusakan ringan seperti goresan ataupun penyok anda tetap bisa ajukan klaim. Namun jika anda melakukan pelaporan klaim asuransi melebihi waktu maksimal, maka bisa saja klaim ditolak.

5. Melaporkan Informasi Palsu

Anda yang berusaha memberikan informasi palsu agar bisa klaim asuransi, bentuk perusahaan akan merasa curiga. Apalagi bagi yang ingin melakukan klaim asuransi mobil dengan nilai kerugian besar. Ini tentu perlu adanya survei dan juga investigasi dari perusahaan asuransi. Juga perusahaan asuransi menemukan fakta yang tidak sesuai dengan kejadian dilaporkan tentu akan merugikan diri sendiri karena punya reputasi yang buruk. Dan sudah pasti klaim asuransi anda akan ditolak.

Itu tadi beberapa poin yang perlu Anda hindari saat klaim asuransi kendaraan agar tidak mengalami penolakan. Anda yang sedang mencari perusahaan asuransi dengan proses klaim termudah, Apakah bisa membeli asuransi pada agregator pasar asuransi online di Lifepal. Lifepal akan memberikan Anda diskon premi asuransi untuk kategori asuransi mobil yaitu 25%.

Selain asuransi mobil, Lifepal juga menyediakan layanan pembelian asuransi kesehatan dan beberapa jenis asuransi lainnya. Anda yang ingin membeli asuransi pemerintah seperti BPJS Kesehatan, bisa mendapatkannya di Lifepal.